SELAMAT DATANG DI KAMPUS SAMAKTA

Terima kasih, anda telah mengunjungi situs SMA Negeri 2 Pandeglang. Kirimkan kritik dan saran yang membangun untuk perbaikan situs kami ke alamat e-mail administrator.

Selasa, 13 November 2007

KURIKULUM

Kurikulum yang digunakan sekarang adalah KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Selain itu juga dikembangkan PBKL (Pendidikan Berbasis Keunggulan Lokal. Muatan lokal yang dikembangkan adalah pertanian, mengingat kabupaten Pandeglang merupakan kabupaten agraris.

Data Siswa

Jumlah peserta didik pada tahun pelajaran 2007/2008 seluruhnya berjumlah 838 orang. Persebaran jumlah peserta didik antar kelas tidak merata. Peserta didik di kelas X sebanyak 8 rombongan belajar. Peserta didik pada program IPA baik di kelas XI dan di kelas XII sebanyak 5 rombongan belajar. Sedangkan pada program IPS di Kelas XI dan Kelas XII sebanyak 8 rombongan belajar.

Daftar Makalah

- Pemanfaatan e-learning dalam Pembelajaran
- Pembaharuan dalam Pendidikan dan Pengajaran

Kegiatan Sekolah

Menyelenggarakan Siswa Unggul Binaan
Karya Ilmiah Remaja (KIR)
Life Skill Komputer dan Internet
Life Skill Ketrampilan Cetak Sablon dan Hand Press
Life Skill Pendidikan Akuntansi
Peningkatan keimanan dan ketaqwaan warga sekolah kepada Allah SWT.
Peningkatan Prestasi Olahraga dan Kesenian

Data Pegawai

Dari jumlah guru 54 orang, 63% yang berstatus guru PNS. 26 % guru bantu dan 11 % sebagai guru honorer. Sementara karyawan Tata Usaha berjumlah 20 orang, yang berstatus PNS 70%, TKK 15%, dan PTT/Honorer 15%.

PROFIL SEKOLAH

PROFIL SMA NEGERI 2 PANDEGLANG

A. Sejarah

SMA Negeri 2 Pandeglang, merupakan sekolah alih fungsi dari SMPP Negeri Pandeglang yang berdiri sejak tahun 1975 dengan SK Mendikbud No. 274/0/1975 ,tanggal 1 Januari 1975 . Sekolah kejuruan ini didirikan untuk menghasilkan tenaga madya di bidang pembanguanan. Dan beralih fungsi menjadi SMA Negeri 2 Pandeglang sejak tahun 1985. Melalui SK Mendikbud No. 036/0/1997 berubah menjadi SMU Negeri 2 Pandeglang dan berdasarkan UU No. 20 Tahun 2000, tentang sistem pendidikan nasional berubah kembali menjadi SMA Negeri 2 Pandeglang

SMA Negeri 2 Pandeglang terletak di Jalan Pendidikan No. 41 Ciekek Pandeglang berdiri di atas tanah seluas kurang lebih 10.380 m².

B. Visi dan Misi Sekolah

1. Visi Sekolah : Unggul Dalam IPTEK berdasarkan IMTAQ

2. Misi sekolah :

1. Menumbuhkan warga sekolah yang berdisiplin, berbudaya tertib, mentaati norma dan berakhlakul karimah, dengan pelaksanaan dan penegakan Tata tertib sekolah yang terkontrol.

2. Menciptakan lingkungan sekolah yang bebas dari pengaruh narkotika, miras dan pergaulan bebas, dengan pelaksanaan diskusi-diskusi tentang generasi muda dan masalah sosial, ceramah keagamaan, dan kegiatan-kegiatan yang menumbuhkan kebersamaan..

3. Melaksanakan pembelajaran dan bimbingan secara efektif dan efisien.

4. Mendorong dan membantu siswa untuk menumbuhkan budaya mutu yang mampu bersaing .

5. Menumbuhkembangkan aktifitas dan sportifitas warga sekolah dalam bidang olah-raga dan seni.

6. Mewujudkan lingkungan sekolah yang bersih, indah, ramah dan hijau

7. Menerapkan managemen partisipatif dengan melibatkan semua warga dan komite sekolah.

Tujuan

1. Mewujudkan warga sekolah yang berdisiplin, berbudaya tertib, dan taat norma dengan pelaksanaan dan penegakan Tata tertib sekolah yang terkontrol.

2. Mewujudkan warga sekolah yang beriman dan bertakwa dengan pelaksanaan kegiatan kerohanian yang terprogram

3. Menciptakan lingkungan sekolah yang bebas dari narkotika, miras dan pergaulan bebas dengan pelaksanaan diskusi-diskusi tentang generasi muda dan masalah sosial, ceramah keagamaan, dan kegiatan-kegiatan yang menumbuhkan kebersamaan.

4. Meningkatkan perolehan Nilai UAN, kelulusan, jumlah lulusan yang diterima di perguruan tinggi dengan pelaksanaan KBM dan kegiatan remedial dan bimbingan belajara yang efektif.

5. Menciptakan SDM yang berkualitas, percaya diri, siap mandiri dan mampu bersaing di era globalisasi dengan pelaksanaan kegiatan yang menumbuhkan kreatifitas siswa.

6. Meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris di kalangan jumlah siswa dengan pelaksanaan kegiatan English Conversation Club.

7.Meningkatkan penguasaaan warga sekolah dalam mengoperasikan komputer dengan pelaksanaan kegiatan Life Skill di bidang Komputer.

8.Meningkatkan prestasi siswa dalam bidang olah raga dan seni pada tingkat kabupaten dengan pelaksanaan kegiatan ekstra kurikuler yang terprogram.

9. Memiliki taman sekolah yang indah, bersih dan sejuk. dengan penataan, dan perawatan taman sekolah yang teratur.

C. Program Kerja sekolah :

Sekolah sebagai lembaga pendidikan dituntut untuk mampu mempersiapkan generasi muda yang memiliki jiwa wirausaha dan mampu bersaing dalam menghadapi semakin ketatnya persaingan di era globalisasi. Pemerintah, melalui Departemen Pendidikan Nasional, terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan melalui perbaikan dan pembaharuan kurikulum. Dan mulai tahun pelajaran 2002/2003, untuk meningkatkan mutu pendidikan ,telah digulirkan Kurikulum yang baru dimana pemebelajaran tidak lagi didasarkan pada target materi, tetapi didasarkan pada kompetensi yang harus dikuasai oleh siswa.

SMA Negeri 2 Pandeglang, memberikan respon yang positif terhadap perubahan paradigma pendidikan ini dengan memposisikan diri sebagi salah satu pilot project pelaksana Kurikulum Berbasis kompetensi mulai tahun pelajaran 2003/2005. Berbagai upaya telah dilakukan untuk suksesnya pelaksanaan Kurikulum Berbasis Kompetensi (Kurikulum 2004) ini.

Menghadapi semakin ketatnnya persaingan dan minat untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, maka tidak hanya memebekali siswanya dengan ketrampilan akdemik (accademic skill), tetapi juga memeberikan ketrampilan ketrampilan non akademik (vocational skill) yang bermanfaat bagi siswa yang tidak melanjutkan ke perguruan tinggi. Untuk itu SMA Negeri 2 Pandeglang telah mencanangkan diri sebagai sekolah yang berwawasan Life Skill.

Untuk tercapainya program-program yang telah disusun sekolah, perlu adanya suasana sekolah yang kondusif , disiplin dan penuh kekeluargaan. Untuk itu sekolah berupaya untuk mewujudkan budaya sekolah yang kondusif yang dapat mendukung tercapainya program-program sekolah .